Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Bisnis Bordir Komputer

Peluang Usaha Bisnis Bordir Komputer


Seperti Apa Usaha Bordir?

Usaha bordir adalah salah satu usaha potensial yang masih memberikan keuntungan yang menjanjikan bagi pelaku usahanya. Sekala usaha bordir home industry semakin banyak diminati karena tidak memerlukan investasi yang terlalu besar jika dibandingkan dengan usaha dengan sekala pabrikan. Untuk memulai usaha bordir sekala home industry tidak memerlukan ruangan yang sangat luas.Dengan memakai ruangan yang kecil pun usaha dapat dijalankan.

Peluang Usaha Bisnis Bordir Komputer

Usaha bordir sekala home industri juga tidak memerlukan banyak tenaga kerja karena dapat dikerjakan oleh anggota keluarga. Walaupun sekala usahanya tidak besar, namun usaha ini dapat menghasilkan kualitas bordir yang halus tidak kalah dengan hasil bordir dari industry besar. Apalagi jika anda menggunakan mesin bordir komputer sebagai sarana menghasilkan bordiran pada medianya.

Jadi, tidak perlu ragu untuk memulai usaha bordir walaupun masih dalam sekala industri kecil. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana memilih mesin bordir yang sesuai dengan kebutuhan usaha bordir yang akan anda jalankan kemudian. Pengenalan mesin bordir komputer serta teknik bordir diperlukan sebelum memulai usaha bordir.

Peluang Usaha Bisnis Bordir Komputer

Belajar Dari Kesuksesan Tasikmalaya

Sudah sejak lama Kota Tasikmalaya populer dengan industri bordir. Usaha hunian tangga ini berkembang pesat berkat adanya perhatian dari pihak pemerintah dan swasta. Berkat dukungan dari seluruhnya pihak, product bordir Tasikmalaya kini telah di ekspor ke manca Negeri.

Usaha kerajinan tangan kayaknya telah jadi identitas diri bagi kabupaten Tasikmalaya. Hal ini wajar adanya mengingat 40 % penduduknya hidup dari kerajinan tangan dan industri. Melalu tangan-tangan trampil nan cekatan, sebanyak kreatifitas telah di tuangkan dalam bentuk product kerajinan, seperti anyaman dari bambu, pandan dan mending; bordir; kelom geulis; payung tradisional; batik catat dan sutra alam.

Khusus utk kerajinan bordir, pangsa pasar dalam negrinya telah menyebar di seluruh Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Lombok, Menado, Ujung Pandang, Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak, Medan, Riau, dan lain-lainnya. Product kerajinan ini juga menembus pasar ekspor. Sekian banyak Negeri yang jadi pasar bordir Tasik antaran Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Arab Saudi, Mesir, dan negara-negara Timur Tengah, Australia, Kanada, AS, Prancis, New Zealend, Inggris, Jerman. Meluasnya pasar bordir tidak terlepas dari harga bordir Tasikmalaya yang relatif murah, tapi kualitasnya cukup keren dan bisa diandalkan.

Dalam penjelasannya, Fatimah mengungkapkan terkecuali focus pada industri kerajinan tangan, masyarakat warga kabupaten Tasikmalaya, khususnya kaum Wanita, juga berusaha produksi makanan riangan. Product home industries ini meliputi sale pisang, gula aren, dodol sirsak, dodol salak, manisan papaya, beraneka keripik dan lain sebagainya.

Usaha Bordir di Tasik yang Merakyat

Buat industri bordir Tasikmalaya, produksinya menyebar di 24 desa 12 kecamatan. Dari usaha kecil dan menegah ini, setidaknya mampu menyerap lebih tenaga kerja lebih dari tiga puluh ribuan orang pekerja. Usaha bordir Tasikmalaya ini rata rata berada di Kota Tasikmalaya, Kecamatan Cibeureum, Cikalong, Cikatomas, Cipatujah, Cipedes, Kawalu, Karangnunggal, Leuwisari, Manonjaya, Salopa, Sodonghilir, dan Sukaraja.

Peluang Usaha Bisnis Bordir Komputer

Pada salah satu orang pengrajin bordir, Erlina tanya tentang cara pengerjaan motif bordir. Mendapat pertanyaan yang Begitu, si pengrajin pun menuturkan dengan cara panjang lebar. Menurut dia, daya tarik dari bordir Tasik terletak pada teknik bordirnya. Tidak seperti bordiran Umumnya, bordir Tasik lebih cendrung memanfaatkan teknik bordir Mutakhir. Motifnya juga sangat Bermacam, ada motif serangga, bunga, abtrak, dan lain sebagainya.

Mamat Rakhmad, penyuluh arena lapang dari di Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya, melanjutkan tidak cuma memproduksi bordir, para pembisnis bordir juga mengakses acara pelatihan bordir. Tiap-tiap peserta pelatihan akan di beri ilmu pengetahuan tentang teknik bordir serta cara melakukan servis ringan pada mesin bordir. Lewat oprogram pelatihan ini, di harapkan para peserta tidak hanya dapat diandalkan membordir, tapi juga mampu memperbaiki kerusakan ringan pada mesin bordir. Utk meningkatkan volume produksi, para pembisnis bordir juga mendapat pertolongan pinjeman dana pembinaan dari pemda ataupun pihak swasta, khususnya bank daerah. (bersambung)

----- *** -----


Anda mau bikin jaket? PDL? Korsa? Kemeja? Kaos? Polo? jas? dan bingung tempatnya?
www.konveksidijogja.co.id juga menerima pesanan kaos, polo, kemeja, jaket, jas, rompi, topi, dll. 

CP : 08563330071 

Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Bisnis Bordir Komputer"